Cara merawat smartphone ala aandroidku - Android ku
News Update
sementara

Rabu, 29 April 2020

Cara merawat smartphone ala aandroidku


Cara merawat Smartphone ala Aandroidku


 
Assalamualaikum, Wr. Wb. – Aandroidku, halo selamat berbahagia bagi teman teman yang masih dapat membaca artikel ini untuk mengkhawatirkan Smartphone kesayangannya dari pada dirinya sendiri, hehe. Bercanda. Ya saran dari mimin untuk teman – teman tetap jaga kesehatan dan kebersihannya apalagi hal yang lebih utama salah satunya kesehatan, sebab dengan sehat kita dapat melakukan banyak aktifitas.

Berkaitan dengan judul blog ini yaitu “Cara Merawat Smartphone ala Aandroidku” saya akan menjelaskan beberapa langkah – langkah yang bisa anda terapkan dismartphone teman – teman agar jangka umur dari ponselnya dapat bertahan selama mungkin dan ini bisa diaplikasikan untuk seluruh kalangan smartphone ya, dari Handphone kentang maupun Hanphone Flagship tetap harus diperhatikan perawatannya. Jadi mimin telah merangkum beberapa cara, silahkan diikuti ya.

Sebelumnya ini udah pernah mimin upload, tapi mimin reupload lagi soalnya kemarin ada beberapa yang eror.

1. Kebersihan Smartphone (External)
Benar sekali kebersihan Smartphone sangat penting untuk diperhatikan, kenapa demikian?
Dengan rutinnya kita membersihkan si Smartphone akan memperpanjang usia dari layar maupun casing ponsel kita, sebab takutnya bila ada noda yang melengket pada si smartphone akan menjadi noda permanen kalau lama nggak kita bersihkan dan takutnya akan menggores layar/casing hp kita.

2. Menggunakan Anti Gores dan Casing tambahan (External)
Dengan kita menggunakan Anti Gores (Screen Protector) kita akan rada lebih aman menggunakan si smartphone kita dan agar semisalnya kita tidak sengaja atau tidak diminta minta terjadi kecelakaan (Ex :HP Jatuh dari WC/Kamar tidur/meja kerja) layar utama akan memiliki perlindungan sebelum sampai menyentuh keretakan pada layar utama HP kita, Begitu pula dengan penggunaan casing.

3. Jangan Biarkan HP lobet total/Jangan ngecas saat HPnya Panas! (External)
Ya, sangat penting diperhatikan bahwa teman teman jangan biasakan membuat smartphonenya mati total karena betere yang kosong, karena akibat HP yang mati secara tiba – tiba dapat memperlambat system fungsi si HP, karena peranti atau aplikasi yang ada didalam si smartphone akan terkejut bila mati secara tiba – tiba. Begitu pula dengan beterenya akan mempercepat kerusakannya. Sama halnya bila kita ngecas HP dalam kondisi panas, jadi biasakan cas si smarphonenya sebelum lobet dan dalam kondisi tidak panas.

4. Membersikan Cache secara berkala. (Internal)
Dengan membersihkan cache pada si HP akan menambahkan ruang penyimpanan, sebab cache ini adalah sampah dari aplikasi yang tersimpan di hp kita dan dengan menghapusnya tidak akan menghilangkan data apapun pada aplikasi tersebut. Berikut gambar cara membersihkan cache aplikasi tanpa aplikasi tambahan :

 


5. Update system android. (Internal)
Kalau dari pengamatan mimin, bila mana si andro ini outdate bakalan membuat system hp kita melambat karena beberapa perangkat akan membutuhkan sebuah file system terbaru, makanya update secara berkalai dan jangan update bila mana updatenya masih dalam bentuk BETA (Percobaan) takutnya malah akan memberikan beberapa efek buruk ke smarphonenya karena kita dijadikan sebagai bahan percobaan si perusahaan HP yang digunakan, walaupun sih baik untuk kedepannya karena akan mencari bug yang kita dapati.


6. Jangan Root si andro. (Internal)
Mengapa mimin bilang jangan root si andro? Dulu mimin sering sekali sih flashing maupun pakai custom rom yang bisa di hp mimin, kebetulan hp mimin dulu udah diroot jadi sangat mudah bila ingin melakukan eksperimen di hp saya.
Lah dari cerita diatas kok malah mimin bilang jangan root si andro? Sebenarnya sih menurut mimin untuk masalah rooting si andro dari kebutuhan penggunanya dulu, kalau anda ingin melakukan banyak hal atau diatas rata – rata pekerjaan siandro bisa anda lakukan rooting, tapi bila mana anda hanya pengguna biasa menurut saya nggak usah sampai ngeroot hpnya takutnya terjadi gagal boot malah jadi nggak berguna hpnya. (But masalah itu mimin bisa bantu kok, nanti aku buatkan artikelnya, moga” sempat.)

7. Aplikasi Penghemat beterai. (Internal)
Ada beberapa anggapan menggunakan aplikasi ini akan membantu mengurangi penggunaan beterai si andro dan mempercepat penggunaan hp,. Kalau dari panadngan mimin sih ini bisa digunakan dengan akibat beberapa aplikasi dismartphone anda akan ada yang tersasa lag – lag, karena dalam penelitin mimin aplikasi ini mengurangi skala performa dari si andro ini manteman. Jadi bisa dikata pula aplikasi penghemat ini bisa menghentikan beberapa fungsi pada si androidnya kita (Coba aja kalau mau) apalagi setau mimin aplikasi penghemat ini akan menghentikan beberapa aktifitas aplikasi system berbahasa aplikasi latar belakang, yang bisanya berguna untuk siandro memproses aplikasi atau mengoptimalkan si andro. TAPI beda cerita dengan android Flagship yah. Hehehe.

8. Notifikasi bertumpuk. (Internal)
Jangan bosan membersihkan notifikasi yang ada di smarphonenya anda, soalnya karena dengan tertumpuknya notifikasi biasanya akan membuat si andro mudah lag, karena kepenuhan kabar dari beberapa aplikasi jadi jangan sungkan untuk memblokir beberapa aplikasi yang menurut anda tidak terlalu penting info yang diberikan dari aplikasi tersebut. Dengan membiasakan diri membersihkan notifikasi pada android akan mengurangi penggunaan ram pada siandro teman – teman karena segala aktifitas yang berjalan pada android pasti akan menggunakan penyimpanan maupun ram pada smarphone kita pastinya.  


Jadi itu sedikit dari mimin. Menurut saya untuk diperhatikan dengan si andro, semoga teman” dapat meminimalisir kerusakan yang akan terjadi kelak di  smarphonenya setelah membaca artikel ini, bila mana ada yang kurang mungkin iya sebabnya masih panjang sih, tapi yang mimin tulis diatas adalah garis besar dari hal – hal yang dapat merusak si andro dengan cepat.
Untuk video tutorialnya mungkin mimin belum sempat buatkan yah, soalnya aku sibuk amat melawan segala hambatan yang ada, terkhususnya mimin juga mahasiswa yah, jadi maaf yah. Nanti aku buatin deh kalau banyak yang request. Hehe.

Tapi denger – denger tahun ini banyak bug yang bisa dijadikan bahan untuk internet gratis (Telkomsel, Indosat, Smartfreen, Im3) 2020?, kalau masalah itu nanti mimin carikan yah, semisalnya dapat nanti aku buatkan video maupun artikel di blog ini dan di chanel resmi Aandroidku.

Bila mana teman – teman ini melakukan request bisa hubungi admin lewat Fanspage maupun menggunakan kolom komentar dibawah dan bila mana ingin melakukan konsul terhadapat masalah yang sedang mengidap di HPnya bisa juga hubungi mimin ya, nanti saya akan menjawabnya dengan sepenuh hati.

Untuk link Fanspage : Aandroidku Facebook
Youtube                        : Aandroidku Youtube
Blog                               : Aandroidku.my.id

Bila mana anda menyukai blog ini bisa anda menyimpan atau memboocmark blog ini (CtRL + D) pada komputer atau menggunakan fitur yang ada dibrowser yang anda gunakan sekarang.

Mimin mau bertanya buat teman – teman, sekarang sedang menggunakan smarphone apa? Mimin mau lakui eksperimen dengan beberapa merek maupun jenis hp, jadi mimin tunggu komentarnya di Fanspage yah!.
Terima Kasih.
Akhir kata,

Wassalamualaikum, Wr. Wb. Semoga sehat dimana saja diri anda berada. Salam dari andro.


Comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done